Jumat, 19 Oktober 2018

Better late than never


Entah harus ku mulai dari mana ceritaku ini..
Aku ingin bercerita tentang anak sholehku, yaitu Azka..
Azka dl dr kecil kukenal sbg anak yg pintar,  cerdas dan kritis serta manja.. Karena kebetulan dia adalah cucu kesayangan almarhumah (mamahku).
Waktu kecil,  apapun ditanya..
Terkadang sampai kelabakan cari jawaban yang pas untuk pertanyaan2 dia hehe. .
Saat itu aku masih kerja di BRI..
Pagi setelah subuh berangkat kantor,  dan pulang setelah isya..
Begitulah seterusnya..
Suatu ketika..  Saat itu kelas 1 SD di Al Azhar Syifa Budi Cibinong,  Azka marah di rumah,  memecah kan  gelas..
Itu terjadi sampai 2 kali.
Campur aduk perasaanku saat itu. Sedih,  bingung. . Sejuta pertanyaan berkecambuk di hati ini..

Aku emang sangat care dan sayang sekali kepada anak2ku..
Sampai akhirnya aku berkonsultasi dengan psikolog sekolah saat itu ( aku lupa namanya).
Dan psikolog itu menyarankan supaya aku menangani Azka dengan serius ke psikolog anak. ..
Akhirnya aku menemukan psikolog anak yg terkenal bagus saat itu di Bogor yaitu Ibu Lara,  yg skrg tinggal di Ausie.
Hasil test observasi Ibu Lara itu,  disimpulkan bahwa Azka kurang seimbang antara otak kiri dan otak kanannya..
Saat itu beliau bilang,  Azka itu cerdas,  tapi kurang aktifitas fisiknya..
Saat itu aku disarankan untuk memberikannya trampolin..
Tapi karena nggak memungkinkan hal tersebut,  akhirnya aku pake saran lain yaiti dengan berolahraga.
Setiap pagi sebelum ke sekolah dan aku sebelum ke kantor,  aku menemani dia untuk berjalan kaki keliling kompleks rumah..
Atau bermain bulutangkis di pekarangan depan rumah..
Begitu seterusnya sampai kami pindah ke Belanda.

Saat Azka di Belanda
Kami pindah ke Belanda saat Azka kls 2 SD .
Disana tiap pagi Azka pergi ke sekolah dengan bersepeda bersama kakaknya..
Dan aku mengikutinya dari belakang..
Trs dia bergabung di klub sepakbola NFC,  Amstelveen..
Seminggu tiga kali latihannya,  yaitu Senin,  Rabu dan jum at pada waktu sore hari dari jam 3 sd jam 5 waktu sana.
Jadi lingkungan disana sangat mendukung untuk tumbuh kembangnya dia yang sehat..
Di sekolah dia termasuk anak yang pintar, kritis dan cerewet walaupun dengan bahasa pengantar Bahasa Belanda.
Bahkan saat presentasi,  untuk seorang anak pendatang,  Azka masuk kategori sangat baik..
Alhamdulillah..
Pernah suatu kali saat pembagian raport di Belanda,  wali kelasnya yaitu Miss Helga bilang,  kurangnya Azka yaitu suka ngobrol dalam kelas hehe. .

Azka Pindah ke medan

Saat itu dia masuk ke SD Shafiyatul Amaliyah Medan di kelas 6 yaitu tahun 2014.
Aku cukup kaget ternyata Azka kesulitan dalam pembendaharaan bahasa indonesia nya..
Waktu itu ketauannya pas kita jalan2 naik mobil. . Dan dipeanjng jalan kami melewari hamparan kata "sawah" itu.. Masyaa Allah.. Dia bingung pas mau bilang "sawah"
Sampai akhirnya aku datangkan guru bahasa Indonesia untuk privat.
Untungnya di YPSA ini ada kelas internasional  (Primary). Jadi pengantarnya 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jadi waktu itu azka kami masukkan ke kelas internasional.
Jadi guru bahasa inggrisnya sering mentranslate kan bahasa indonesia ke Azka dengan pake bahasa inggris..
Masyaa Allah..
Kadang kasian juga sm dia karena harus belajar keras untuk bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar..
Alhamdulillah Azka bisa mengikuti semua pelajaran dengan bagus.
Saat itu dia masih kritis dan tampil pede..
Dan alhamdulillah Azka dapat menyelesaikan SD nya di Medan dengan hasil memuaskan.

Azka pindah ke Cibinong

Di Medan kami hanya setaun..
Waktu itu anak2 baru masuk 2 hari di SMP YPSA Medan..
Khusus Azka,  jujur kami nggak mau pusing nyari sekolahan baru.. Azka kembali sekolah di Al Azhar Syifa Budi..
Aku langsung kontak temen2 di Cibinong minta kontak Pak Edy,  ketua pelaksana harian ASBC.
Dan alhamdulillah Azka bisa masuk dan bersekolah di sana..(tentunya setelah meleeati prosedur yang ada) .
Semua berjalan baik dan tak ada masalah..
Singkat cerita,  Azka bisa menyelesaikan SMP nya di ASBC dengan lancar,  sesuai dg waktu yg ditetapkan..

*Azka sekolah di SMAVO jalur CIBI*

Untuk PPDB jabar taun ini,  terdapat beberapa jalur masuk..
Kalau nggak salah ada 5 jalur. ( untuk lbh detailnya, silakan baca webs nya di ppdb.jabar).

SMAN 2 Cibinong atau Smavo membuka jalur CIBI ( Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa).
Katanya sih menyaring anak2 yang mempunyai IQ diatas 130.
Test jalur CIBI ini masya Allah panjang banget perjuangannya.
Seperti :
1. Seleksi administrasi ( pas photo,  keterangan sehat,  nilai raport dari smt 1 sd 5, kuesioner dari pengajar matematikan dan IPA, keterangan ortu dll). Pokoknya kaya orang mau masuk kerja deh hehe. .
2. Seleksi psikotest ( test dilakukan selama 5 jam nonstop dakam 1 hari). Dilakukan oleh lembaga Psikotest Optima yang berada di Bukit Cimanggu,  Bogor.
3. Wawancara dengan guru SMAVO
4. Wawancara Bahasa Inggris
5. Test TPA
6. Test Bahasa Indonesia
Dll..

Dan alhamdulillah beruntung Azka masuk ke kelas CIBI ini..(dari ratusan anak yang mendaftar)

Saat itu aku sungguh bangga dan bahagia banget Azka masuk ke kelas ini..
Lalu akupun berdiskusi panjang dengan Pak Edy.
Kebetulan aku memang sering sharing bersama beliau..(karena kebetulan saat itu aku Ketua Komite SMP ASBC saat itu) . Jadi aku intens berkomunikasi dengan pihak sekolah.
Sebagai seorang pendidik yg tau detail tentang korelasi antara IQ n prestasi,  beliau heran n mengingatkan aku cara menghadapi Azka..  Menurut beliau,  seharusnya Azka bisa berprestasi dengan IQ yang superior itu..Sementara Azka belum sekalipun rangking 3 besar haha. .
Katanya aku harus lbh bisa mempush Azka untuk berprestasi.. Memberikan reward kepada dia..
Jangan malah hanya mengikuti aja.
Saat itu rasanya aku dicubit keras bgt sama beliau. Terima kasih banyak ya Pak Edi atas saran,  sharing dan supportnya..
Kuakui,  aku memang tipe ortu yang tarik ulur.. Tidak pernah memaksakan kehendak anak. .

Aku tak mau anak2ku tertekan hanya untuk mengejar prestasi..
Bagiku,  dengan mereka nyaman di sekolahnya aja,  aku sudah senang sekali..
Kebayang aja bagiku.. Mereka berpindah2 terus ke suatu tempat dan lingkungan sekolah baru itu pasti memerlukan perjuangan bathin yang tidak kecil.. Apalagi ditambah dengan pembendaharaan bahasa Indonesia Azka yang terbatas.
Azka memang pernah mengeluh tentang kosakata2 tertentu..
Makanya dia lebih senang dengan bahasa Inggris..

Diskusiku dengan Pak Edi menjadikan aku memutar otak lebih keras lg..
Anakku bukan tipe anak yang bisa hanya diperintah.. Tapi aku pun harus bisa menjelaskan sabab musababnya..

Langkah awalku saat itu adalah dengan mengikutkan dia kursus bahasa inggris di LIA.
Azka memang tak perlu kursus itu,  tapi azka perlu sosialisasi.
Perlu mengekspresikan kemampuannya dihadapan banyak orang.
Udah gitu,  terutamanya untuk mengurangi maen gamesnya hehe..
Baru aku sadari,  Azka selalu menolak setiap kompetisi apapun yang ditawarkan oleh sekolah. .
Dan puncaknya, aku melihat penampilan Azka saat wisuda. .
Aku kaget dengan ekspresi tegangnya dia hehe..

Akupun segera tanya2 informasi seputar LIA..
Akhirnya saat ada pendaftaran murid baru di LIA,  Azka ikutan..
Dan alhamdulillah hasil test Azka langsung ke HI 1 ( High Intermedite 1) Alhamdulillah juga ..Temanku,  mama Audi memberikan informasi detail tentang LIA..  Terima kasih ya say. .Semoga Allah membalas kebaikanmu.  Aamiin YRA..


Konon.. U anak baru maauk langsung dapet hasil itu adalah hal yang sangat bagus..
Alhamdulillah..
Saat itu aku menjanjikan kepada Azka,  bila dia dapat outstanding (nilai sempurna di LIA),  semua pengembaliaan uang kursusnya untuk dia..
N dia tambah semangat dong..
1.700.000 ditangan bo hehe..

Tak terasa,  ujian pertengahan sementer di LIA pun tiba..
N alhamdulillah saat itu Azka mendapat skor tertinggi di kelasnya..

Kemudian akupun segera menanyakan sikap Azka di kelas LIA nya..

Daannn ternyata Azka masih nggak mau show up..
Gurunya bilang,  Azka itu tau,  tapi nggak pernah mau tunjuk tangan.  ( Masyaa Allah.. Beda banget sama ibunya ya hehe..
Ibunya mah emang dari dulu berani maju ke depan).

Tapi Azka waktu kecil sering maju koq..
Pernah sekali waktu,  saat itu ulang taun temannya Azka yaitu Ghatfan..
Saat itu,  Azka bolak balik maju ke depan.. Sampai akhirnya MC nya bilang suruh gantian dengan yang lain hehe..

Nah makanya aku herann banget dong.. Kenapa Azka bisa berubah spt itu?
Aku yakin banget , pasti ada sesuatu yang bikin Azka seperti ini..

Lalu akupun dengan pendekatan yang extra ngobrol dari hati ke hati..
(Kebetulan Azka memang dekat bnget dengan aku.. ).
Sungguh aku penasaran dengan sikap Azka sekarang..

Kubertanya "De,  kenapa kamu sekarang suka nggak maju ke depan? "

"Aku tak mau show up" jawabnya singkat..

Eehhmmm.. Pikirku dalam hati..
Sebenarnya gemesh juga sih dia bilang gt..
Tapi aku tahan untuk tak langsung reverse sikap dia..

Dia belum tau apa artinya show up kali ya..

Bukankah show up itu adalah pamer yng berlebihan dan tidak sesuai dengan kondisi?

Lah kalau di kondisi yg tepatnya mah ya bukan show up keles..

"Terus apalagi? " tanyaku lagi

" Aku suka nervous" katanya..

Got u... Pikirku dlm hati..

Ehmm.. Aku harus segera cari solusi buat dia nih..

Anganku pun melayang ke belakang..
Ya Allah.. Ini salahku juga..
Aku terlalu sibuk dengan kegiatan di Komite sekolah dan perbaikan kualitas hidupku..
Baik dengan kegiatan ikutan kursus2, pengajian2 ataupun hanya sekedar kumpul2 dengan teman2..
Kutak menyadari ternyata anakku mengalami masalah dalam dirinya..
Tidak percaya diri,  nervous dll..
Ampuni aku ya Allah..
Aku tak mau menyalahkan siapa2 termasuk menyalahkan pihak sekolah yang tidak bisa melihat potensi Azka u tampil ke depan..

Pengalaman adalah guru yang terbaik..
Aku tak mau Azka mengalami hal ini kembali..
Alhamdulillah..  Pelan tapi pasti,  sekarang Azka mau tampil lebih  berani,  main gamesnya juga berkurang,  dan ins yaa Allah kualitas hidupnya jauh baik dibandingkan kemaren.

Kemaren di LIA nya dia loncat kelas 1 tingkat lebih tinggi dengan hasil yang memuaskan..
Alhamdulillah..
Sekarang dia di kelas HI-3. Lakukan yang terbaik ya sayang..

Dan menurut guru kelasnya,  alhamdulillah dia bisa mengikuti dengan baik..

Terus sekarang akupun memantau dia di sekolahannya..
Aku tak terlalu berharap di harus rangking 1 atau yang terbaik di kelasnya..
Sama sekali bukan itu harapanku..
Aku hanya berharap,  Azka bisa jadi anak yang mempunyai karakter yang baik.
Percaya diri,  berani,  jujur,  bekerjasama,  berinisiatif dll..
Dan semuanya itu bisa diasah dan dilatih..
Dan semua itu akan terwujud dengan harmonisasi kerjasama antara anak,  orang tua dan guru di sekolah..

Karena bagaimanapum,  suka atau tidak suka,  guru adalah pengganti orang tua di sekolah..

Seperti biasa,  pesan emaknya pun panjang lebar kepada dia hehe..
Semoga akan dia kenang sepanjang masa..
In syaa Allah..
Tak ada yang lebih mencintai dan care dia selain aku dan ayahnya..

Azka,  anakku sayang,  percayalah pada kemampuanmu ya sayang..
Kamu sudah punya 1 bakat yaitu cerdas..
Tinggal faktor pendukung lainnya harus kau pupuk..

Maju,  pantang mundur,  sabar,  ulet dan tidak menyerah..
Karena,  faktor-faktor itulah sejatinya cikal bakal suatu kesuksesan..

Ayah dan ibumu selalu berdoa,  semoga kau jadi anak yang sholeh dan meraih semua cita2 mu dan berguna bagi orang tuamu,  agamamu, orang2 sekitarmu dan nusa bangsamu..
Aamiin YRA..

Azka bersama teman2 di LIA kls HI-1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar