Sabtu, 14 Desember 2013

Tertibnya Jalan di Amsterdam


Setiap aku jalan-jalan, baik jalan kaki, naik sepeda , naik mobil atau pun naik bis atau kereta, aku sering terkagum kagum dengan tertibnya jalan lalu lintas di Amstedam ini. Tiap pemakai jalan sepertinya sadar betul dengan posisinya. Terlepas dari fasilitas jalan yang memang nyaris sempurna, juga yang utama adalah karena  di dukung oleh kesadaran tiap pemakai jalan. Sadar akan hukuman atau denda yang akan diterima bila bermain2 dengan hukum. Dan karena penegakan aturan/hokum oleh pemerintah setempat.

Memang setiap pemakai jalan sudah diberi jalan/jalur  masing2.. Untuk pejalan kaki, biasanya dalam bentuk trotoar di kiri kanan jalan utama. Untuk sepeda, jalurnya dipisahkan juga, namun masih di jalan yang sama dengan jalan mobil dan  bis.. Hanya diberi warna beda.. Warna jalur sepeda ini biasanya merah bata.. Untuk motor, karena jumlahnya sangat sedikit, mereka satu jalur dengan bis. Untuk kereta, ada rel tersendiri.. Setiap perempatan, disediakan lampu lalu lintas untuk para pemakai jalan itu..
Kemaren Senin, tanggal 7 Nopember 2011, saat aku mau menjemput anakku pulang dari klub bola di NFC Amstelveen, di sepanjang lampu merah, aku liat sepeda berjejeran menunggu lampu merah berhenti berubah jadi hijau.. Padahal itu jalan, asli sepi bangget.. Nyaris tak ada mobil..  Emang sih ada juga yang nakal, main seruduk aja.. Aku ngerti juga sih yang nyeruduk jalan itu.. Mungkin dia buru2, ditambah jalan sepi banget, pun tak ada mobil lewat. Kalau aku sih mending nunggu bersama bule yang patuh he he.. Hebatnya lalu lintas di sini, khusus mobil, kalau posisi jalan raya sepi banget , maka lampu akan menyesuaikan mobil kita.. Misalnya gini.. Sebenarnya waktunya lampu merah itu nyalanya 5 menit.. Nah karena dari arah kiri kanan nya tak ada mobil, hanya mobil kita aja dari arah depan, maka sebelum 5 menit, maka lampu merah itu akan berubah jadi hijau..seperti mempersilakan mobil kita untuk lewat.. Hal ini aku ketahui karena berulang2 kejadiannya.. Bila jalur lalu lintas di tempat ini padat, aka lampu merah akan lama menyalanya.. Disamping itu juga, dalam area area tertentu jalan raya, khusus untuk mobil, selalu diberi aturan kecepatan maksimal..  Bila ketauan melebihi kecepatan maksimal, maka tak ada ampun lagi deh.. Tau tau tagihan datang ke rumah/kantor ( tergantung alamat yang dipakai dalam setiap kepemilikan kendaraan)..

Terus, saat aku pulang nya.. Di jalan menuju rumah, di persimpangan kereta, aku pun dibikin terhenyak.. Seorang bule tetep setia menunggu lampu merah berubah menjadi hijau lagi.. Padahal itu kereta dua duanya sudah lewat ke arahnya masing2..  Saat yang bersamaan, ada bule laen juga yang lewat ke jalan itu..Dia langsung nerobos aja.. Aku pun ikutan bule itu yang nerobos.. wong keretanya udah nggak ada kok.. Sampai aku menyebrang jalan raya lagi pun, saat ku tengok ke belakang, itu bule masih nunggu aja.. Aku jadi bingung sendiri.. itu bule sebenarnya lagi nunggu lampu merah atau lagi menunggu orang? He he..
Sebenarmya banyak sekali pengalaman2 yang ku liat seperti ini.. makanya aku ingin segera menuliskan hal ini supaya tetap ingat.. Kalau sudah kaya gini.., aku yang biasa srudak sruduk juga dibikin malu kan? Malu hati.. Untuk menyebrang jalan pun, sebelum lampu hijau menyala, aku menunggu dengan setia.. Semoga kebiasaan baikku ini (patuh di jalan raya) akan terbawa terus…ngarep.com he he
Aku sering menebak dan mereka-mereka.. Kenapa orang disini sangat patuh aturan jalan raya?.. Kayaknya sih karena denda/ hukuman buat pelanggar jalan raya di sini bisa bikin ketar ketir orang.. Disamping dendanya yang tidak tanggung2, juga karena kita akan dibuat malu seumur hidup.. Nama kita sudah tercatat dengan rapi di kepolisian.. Waduh bahaya kan? Apalagi kita hanya seorang pendatang kan?

Pernah suatu hari, aku lupa tanggalnya.., cuman yang jelas saat itu sedang di area parker klub bola anakku. Saat itu mobil2 yang berjejeran di sepanjang jalan klub (dengan ban mobil yang sedikit naik ke trotoar pula), diberi tanda oleh 2 petugas dengan secarik kertas.. Alamak..ternyata petugas itu adalah polisi2 lalu lintas.. Mantap banget tuh polisi.. Bisa memberi denda 10 mobil dalam waktu yang sama.. Dapat apresiasi yang bagus kale itu polisi he he..
Aku sering berkhayal,kapan ya negeriku menerapkan aturan2 yang bisa membikin pemakai jalan raya patuh dan taat di jalan raya? Tidak maen serobot kiri kanan dll. Kayanya negeriku Indonesiaku akan jadi negeri impian bila aturan2 selalu ditegakkan… Negeri yang akan membikin rakyatnya aman dan nyaman ketika memakai jalan raya.



                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar