Sabtu, 14 Desember 2013

Sightseeing in Kasteel De Haar (2)

Saat yang ditunggu akhirnya tiba juga. Tak sabar rasanya ingin segera berangkat ke Kasteel De Haar. Sebuah Kasteel yang berada di daerah Utrech, alamat tepatnya Kasteellaan 1 in Haarzuilens. Sudah setaun lebih tinggal di Netherlands, aku baru tau ada sebuah kasteel bersejarah. Mungkin karena kasteel ini jauh dari hiruk pikuk kota, akhirnya banyak orang yang tak tau tentang keberadaannya..Kami berangkat dari rumah jam 10.00 waktu setempat. Aku bersama 2 orang temanku berangkat langsung ke Kasteel. Kami bergabung bersama pengurus KBRI, dan anggota ALC (Asean Ladies Circle) dalam acara lawatan ini. Tiba di lokasi jam 10.45. Ternyata dekat sekali letak Kasteel itu dari tempat tinggal kami di Amstelveen.. Kalau dari Amsterdam sekitar 30 menitan. Apesnya, saat tiba di sana, kasteel blm buka.. Katanya sih bukanya jam 12 siang.. Sambil menunggu rombongan dari KBRI, Denhaag kami berjalan2 sejenak di sekitar area kasteel. Karena saat itu udara mendung disertai gerimis hujan, akhirnya kami singgah di café di luar kasteel sambil melihat area produk/makan khas Holland. Berbagai jenis buah2an , jus dan aneka selai di jual disana.. Bahkan kami sempet memetik buah anggur kecil dan menyantapnya.. Ehmm, enak sekali rasa anggur kecil ini.. rasanya manis dan sedikit kecut.. Tak terasa, satu jam pun berlalu.. Setelah puas memilih aneka makanan/oleh oleh, akhirnya kami kembali ke Kasteel.. Kebetulan rombongan dari KBRI pun telah tiba di kasteel..

Pertama memasuki kasteel, kita disambut dengan gerbang kasteel yang indah.. Sebuah gerbang   dimana pintu sebelah kiri dan kanannya sebuah bangunan / benteng silindris, dengan menara diatasnya.. Aku langsung jatuh cinta dengan pandangan pertama pada kasteel ini.. Sejauh mata memandang, kita akan melihat bangunan kasteel yang unik dan kuno.. Bangunan kokoh dengan bentuk dinding  batu merah.. Sepanjang kiri kanan jalan yang kita lalui, jajaran pohon rindang berjejeran dengan rapi..

Kami pun mengikuti petunjuk yang ada. Pintu masuk kasteel ternyata sebuah toko souvenir.. Sambil mengantri tiket kasteel, kita bisa memilih aneka souvenir yang tersedia.. Dari buku ttg kasteel, magnet kulkas, pembatas buku, tas dll.. Semua produk bertemakan kasteel.. Tiket masuk kasteel ini adalah 3 EURO, bila hanya ingin melihat2 sekeliling kasteel saja.. Sementara kalau ingin memasuki kasteel dengan seorang pemandu , kita merogoh kocek 9,5 EURO. Kami memilih yang kedua.. Setelah mendapat tiket masuk kita pun segera memasuki area kasteel.. Ternyata pintu menuju kasteel utama lumayan jauh.. Sambl berjalan menuju pintu kasteel, kami pun tak mau melewati momen ini dengan berfoto ria.. Tak terasa, akhirnya sampai juga deh kita dipintu kasteel. Kita menaiki tangga yang disebelah kiri kanan temboknya dihiasi patung.. Di depan pintu masuk kasteel, terlihat taman bunga menawan dengan aneka warnanya.. Di sekeliling taman, terdapat pohon-pohon rindang dan danau kecil.

Sebelum kita memasuki ruangan-ruangan di dalam kasteel, kita diberi petunjuk dan pengarahan dari pemandu kasteel. Banyak aturan yang harus dipatuhi. Tidak boleh memakai kamera, tidak boleh menyentuh barang apapun, tidak boleh berisik dll. Setelah selesai memberi  pengarahan, kami pun diberi sebuah remote kecil yang harus di tekan bila memasuki setiap ruangan. Untuk tamu yang memakai bahasa belanda, langsung dijelaskan oleh pemandunya.. Sementara buat pengunjung yang tak bisa berbahasa Belanda, kami diberi sebuah alat/ remote petunjuk berbahasa Inggris, termasuk rombongan kami.

Sungguh besar Allah yang menciptakan manusia , mengilhamkan manusia untuk menciptakan karya seni yang sangat tinggi nilainya.. Interior di dalam kasteel sungguh indah dan berseni sangat tinggi. Sebuah ruangan besar dengan aneka patung-patung. Aneka macam guci pun ada. Dinding kasteel  dengan ukiran2 indahnya menambah suasana megah ruangan kasteel. Sebuah kamar tamu pria yang sangat mewah.. Melihat bentuk ukiran ranjang di kamar tidur ini, teringat dengan ukiran Jepara yang terkenal itu.. Sebuah ruangan tamu mewah pun ada di dalam. Terdiri dari kursi2 ukiran indah..  Atap ruangan pun terbuat dari kayu yang berukir..  Memasuki ruangan dapur, terdapat barang barang antic yang berusia ratusan tahun yang lalu… Panci besar, gelas, dandang dll.. Semuanya terdiri dari baja berlapis emas.. Sayang kami tak boleh menyentuhnya..  Semua terawat rapi dan bersih.. Sepertinya tak dibiarkan sama sekali debu pun menempel di lapisannya..

Konon, arsitek yang ditunjuk membuat Kasteel ini bernama Pierre Cuypers, seorang arsitek ternama Belanda dengan Rijkmuseumnya dan puluhan gereja yang ada di Belanda. Kasteel ini perpaduan sisa reruntuhan puri yang dihancurkan oleh tentara Perancis dan sentuhan seni bernilai tinggi. Bila ingin tau persis sejarah kasteel ini, anda bisa baca di webs De Haar Casteel.

Ada pengalaman yang lucu dan seru saat kami berada di café area taman kasteel.. Saat itu, seorang teman diantara rombongan membawa sebuah alat pendeteksi hantu.. Dia bilang, bahwa hantu yang ada di kasteel , sedang nimbrung makan dengan kita.. Percaya nggak percaya sih.. Tapi aku sih yakin, kalau yang ghaib itu dimanapun, pasti ada.. Apalagi ini sebuah kasteel, bangunan tua yang telah lama tidak ditempatin penghuninya.. Satu hal yang harus kita lakukan, adalah tidak boleh sombong dan takabur.  Dengan alat itu, kami melihat ada beberapa hantu di sekeliling kami,.. Dia selalu berpindah2 tempat.. Malahan, seorang teman menyapa hantu itu, mengajak makan he he.. Seorang teman malah mengaku merasa bulu kuduknya berdiri, saat dia berada di sampingnya.. Walaupun keadaan begitu, kami tetep asyik aja menikmati pesanan kami.. Biarlah, dunia kita kan berbeda.. Selama kita tak mengganggu keberadaannya, insya allah dia pun tak akan mengganggu kita..

Tak terasa, waktupun telah menunjukkan pukul setengah tiga siang. Waktu kami pun telah habis..Setelah acara lunch berakhir, akhirnya kami pun segera pulang. Kami tak sempat berkeliling mengelilingi luar kasteel seluruhnya, karena suasana di luar tidak mendukung karena gerimis hujan yang tiada henti..ditambah hembusan angin yang menyusup ke kulit.. Padahal kami juga ingin melihat binatang2 khas yang ada di sekitar kasteel ini, seperti angsa putih, kelelawar, lebah dan rusa.. Emang belum rejeki kali ya untuk melihat semuanya tentang kasteel ini..

Berada di kasteel ini, serasa berada di negeri dongeng nyata, negeri impian seperti kita  lihat di film-film dongeng favorite diwaktu kecil .. Dari pertama masuk gerbang kasteel, di dalam ruangan maupun di luar kasteel.. Bila anda berkunjung ke negeri kincir angin ini , jangan lupa mengunjungi Kasteel ini...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar