Sabtu, 14 Desember 2013

Allah Meluruskan lagi Niat Umrohku .. (Pengalaman Spiritual Umroh-3)


Hari kedua di Madinah, hari yang dinanti-nanti.. hari Rabu tanggal 04 Mei 2011. Saat nya ziarah seputar Madinah : Masjid Quba’, Pasar Kurma, dan Jabal Uhud. Seperti temen2 lainnya, aku pun tak mau ketinggalan berburu oleh-oleh buat keluarga dan teman2   di  Indonesia dan Amsterdam..
Saat itu kami berada di Pasar Kurma, Madinah. Aneka macam kurma terlengkap ada di sana.. pun segala macam makanan khas Mekah pun tersedia di sana.. Setelah puas mencicipi aneka macam kacang dan kurma, akhirnya kami memilih dan membungkus kurma, candy anak anak, dan kacang arab . Saat mau bayar di kasir, aku terkejut bukan kepalang, kurogoh terus tas mungilku.. Astaghfirullah al adzim.. Dompetku raib..Andaikan ada khilafku,Ya Allah, ampunilah aku.. Maafkanlah aku.. Saat itu dalam benakku semua surat2 nya juga raib.. Tidaaaakk… Rasanya aku pengen nangis ..
Aku ingat betul, saat di bis tadi, aku merapikan uang yang tercecer dimana2.. Maklum..ibu ibu kan gituh.. Receh receh sisa belanja pasti dimana mana.. Kebetulan memang semalem sebelumnya, aku dan anakku membeli barang –barang souvenir khas kota suci di sekitar Masjid Nabawi, Madinah.
Akhirnya dengan malu, aku ijin ke kasir minta uang dulu ke suami.. Setelah semua kami bayar, akhirnya kami masuk kembali ke bis untuk melanjutkan perjalanan kami. Dalam bis, akhirnya aku bercerita pada suami dan pembimbingku.. Kusampaikan bahwa dompetku hilang..  Suamiku bilang, mungkin aja aku lupa bawa alias ketinggalan di hotel. Ya nggak mungkin ketinggalan lah.. Wong aku tadi sempet beres2 in uangnya di bis.. Terus akupun bertanya pada si sulung, apakah dia melihatku beresin uang, dan dia pun mengiyakan..Akhirnya kami mencari di bis.. Kali aja jatuh ke kolong.. Nihil.. hilang deh.. Inna lillahi wa inna ilaihi roijiun.. Lemes deh rasanya.. tapi.. aku sedikit lega juga.. Karena, dompet yang hilang itu hanya dompet yang berisi uang.. Sementara dompet kecil yang berisi surat2 masih ada dalam tas.. Alhamdulillah… Allah masih melindungiku.. Untung hanya dompet yang berisi uang yang hilang..Kebayang kan kalau dompet berisi surat2 yang hilang?..Aku udah membayangkan gimana ribetnya nanti harus ngurus semua surat2 kependudukan selama di Amsterdam hiks hiks..
Aku tak tau itu dompet hilangnya dimana… Yang jelas, antara Masjid Quba dan Pasar Kurma.. Hanya aku sadarnya saat di pasar Kurma. Itu juga pas mau bayar belanjaan. Saat itu emang 2 tempat itu sangat ramai.. Malahan di Masjid Quba sampai berdesak desakan. Bukannya aku suudzon, tapi emang waktu di masjid Quba, aku merasakan ada yang merogoh tasku.. Cuman aku nggak ngeh aja.. Ditambah waktu itu.., biasa narsisku muncul.. Kukeluarkan kamera kecilku untuk memotret suasana di dalam masjid Quba.. Saat itu aku lupa sama sekali pesan semua kawan2ku saat di Indonesia untuk selalu berhati2 dimanapun berada.. Malahan saat keluar masjid pun, kami sempat berfoto ria dan tak sempat mengecek isi tas segala macam. Kupikir semuanya baik-baik aja… Prinsipku hanya Laa haula wala quwwata illa billah aja..
Terus di Pasar Kurma, saat kami datang, suasananya masih sepi.. Kita masih leluasa icip sana icip sini sekenyangnya..Disini, emang kita dibolehkan mencicipi semua makanannya..sekenyang perut kita..Makanya disebut toko halal, asal di tempat he he..Tetapi kalau bawa pulang, harus beli.. Harus bayar..Namun lama kelamaan,pengunjung semakin banyak.. Sampe ngantri pula pas mau bayarnya juga.. Saking banyaknya pengunjung, aku nggak sempet ngecek-ngecek lagi tasku.
Di bis, temenku bercerita, bahwa  saat di Masjid Quba ,tasnya sudah dalam keadaan terbuka.. Seorang muslimah bercadar hitam merogoh tasnya..Untung dia keburu sadar sehingga masih terselamatkan barangnya. Hanya posisi isi dalam tasnya udah berubah.. Seperti habis di rogoh2 orang.. Emang orang jahat selalu ada ya dimana2.. ditempat suci pun/mesjid, masih sempet2 nya mikir ngambil dompet.. Sama sekali nggak takut azab Allah..
Sepanjang perjalanan dalam bis, aku hanya merenung dan istighfar.. Ya Allah, maafkan aku..Ampunilah aku.. Tak henti aku mohon ampun dan istighfar kepada Allah SWT.. Memang kuakui, saat mau berangkat ke Tanah suci, aku luruskan terus niatku.. Aku mau ibadah ..aku mau ibadah.. Aku mau umroh..Hanya waktu itu pikiranku, masa sih nggak bawa uang sama sekali? Ya untuk jaga-jaga aja gituh kali aja ada yang diperlukan.. Lagian, aku juga ada sedikit keinginan beli beberapa barang di sana..dan tentunya membawa oleh-oleh juga, baik buat temen-temanku di Indonesia maupun buat temen di Amsterdam..Akhirnya, akupun mengambil beberapa lembar dari ATM ku.. Untuk cadangan lah istilahku..
Saat di Madinah, aku memang sempet membeli beberapa barang yang emang aku cari… Juga keperluan anak anak dan suamiku.. Alhamdulillah..Subhanalloh.. Aku bisa beli langsung semua khas kota suci langsung,nggak dari Tanah Abang he he.. Dan aku juga udah berniat mau beli sesuatu di Mekah.
Allah memang Maha Tau.. Tau semua isi hati hambanya.. Niatku yang hanya buat ibadah, udah tercemari dengan segala macam keinginan yang datang tiba2.. Ya acara shopping itu he he.. Waktu yang buat berdzikir di masjid, malah habis di toko.. Kebayang aja kan? Emak emak kalau belanja, minimal 30 menit, belum nawarnya lagi he he.. Dengan cara dan jalan Nya, Allah meluruskan kembali niatku.. Dompetku yang justru berisi uang, hilang?? Dan semua uang, dari lembar terbesar sampai terkecil ada di dompet itu semua. So, asli kan?? Begitu dompet itu raib, aku sama sekali nggak punya uang.. Bahkan untuk beli minuman pun , aku harus minta suamiku hiks hiks.. Dan ndilalahnya, dompetku itu ilang setelah semua keperluanku kebeli semua.. Subhanalloh.. Aku masih di kasih kesempatan sama Allah untuk belanja cangkir arab kecil, figura, sajadah dll he he..
Sebenarnya bisa aja aku mengambil uang lagi dari ATM. Tapi aku takut azab Allah.. Aku takut Allah malah memberikan aku peringatan yang lebih parah dari sekedar hilang uang dan dompet.. Naudzubillahi min dzalik.. Sungguh tak mau aku membayangkannya juga. Aku nggak mau sombong dan takabur. Memang mungkin ini adalah jalan Allah sebagai pengingatku agar aku segera sadar.. “Stop Shopping!!  Stop shopping!!! You must pray pray pray… Ingatlah niatmu kenapa kamu ada disini!!” demikian bisik hatiku terus.
Dan benar asli… Setelah kehilangan dompet itu, aku lebih khusu berdoa dan berdzikir.. Bersama suami dan anak-anakku, waktu kami habis di mesjid Nabawi dan Masjidil Haram.. Kulupakan semua acara shopping itu he he.. Bahkan saat sahabatku ngajak belanja pun, kutolak dengan halus… Dan Alhamdulillah dia ngerti.. Setiap ada yang mau kubeli, aku minta suami aja.. Itupun kalau emang barang itu sangat diperlukan..
Terima kasih ya Allah Kau berikan pengalaman spiritual yang sangat berharga.. Walaupun awalnya aku sempat kaget, sedih dll, tapi aku merasakan hikmahnya.. Aku bisa lebih dekat dan khusu di tempat suci Mu.. Lebih dekat kepada Mu..Semoga pengalamanku ini,menjadikan aku lebih berhati2 dimanapun dan kapanpun...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar