Minggu, 19 Januari 2014

Sight seeing @ Alkmaar

Salah satu sudut kota Alkmaar..
Subhanalloh.. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
Wah aku bener2 dibikin penasaran sama Alkmaar nih.. Saat itu aku liat foto2 nya salah seorang temanku di FB, mbak Hermin.. Aku langsung kontak beliau n nanya2 banyak tentang Alkmaar.  Ealah, ternyata saat itu adalah 2 minggu terakhir.. Udah gitu bukanya cuman hari jum at aja..
Alkmaar adalah salah satu kota kecil di Netherlands.. Kota itu terkenal dengan pasar kejunya seperti halnya Gouda..
Singkat cerita, akhirnya aku berangkatlah ke sana.. Aku ke sana sampai 2 kali loh.. Yaitu tanggal 30 Agustus 2013 dan 6 September 2013. Yang pertama aku kesiangan blas.. nggak kebagian lagi pasar kejunya.. Nah untuk yang kedua ini, alhamdulillah masih kebagian walaupun sebentar.. Lumayan lah.. Karena tujuanku emang mau motret dan buru2, aku pun jalan sendirian ke sana.. Nggak ngajak temen-temen.. Maklumlah, curi2 waktu selama si kecilku sekolah hehe..
Aku berangkat dari rumah bersama suamiku ke Schiphol, terus aku naek kereta menuju ke Alkmaar. Aku beli karcis sambil nanya2 rutenya,.. Alhamdulillah penjaga loketnya baek tuh hehe..  malahan dia memberi selembar kertas rute perjalanan lengkap ..
Aku dapat kereta jam 9.46 AM dari Schiphol. Trs turun di Zandam dan langsung ke Alkmaar deh..

Plang route kereta yang akan kunaiki ke Alkmaar di Schiphol

Salah satu sudut stasiun Zandaam, Amsterdam..
Kapan ya stasiun di Indonesia  kaya gini?
Seperti biasa, sepanjang perjalanan aku jepret2 pemandangan di luar kereta.. Kalau kata anakku sih "itu kan biasa aja Bu pemandangannya, nggak bagus2 amat.."..
" Sayang, kapan lagi kita akan menemui kaya gini.. Di Indonesia mah, mungkin hanya bisa mimpi untuk dapet pemandangan kaya gini ", kilahku ..
Sesampai di stasiun Alkmaar, aku langsung menuju centrumnya.. Biasalah, aku kan juga udah pelajari dikit2 tempat ini dari internet.. plus nanya-nanya temen juga.. Jadi saat berjalan ke centrum nya alhamdulillah lancar..

Disinilah pusat pasar keju Alkmaar..
Sesampai disana, alhamdulillah masih kebagian pasar kejunya.. Akupun langsung duduk manis di antara jajaran pengunjung.. Pasar keju ini, menyajikan beraneka macam keju.. Para pembawa keju membawa sebuah alat penggotong keju.. Tiap alat ini dibawa oleh 2 orang.. Badan mereka besar2 banget boo... Mereka mengambil keju dari lapangan luas, terus ditimbang , terus dibawa kembali ke lapang.. Tiap keju yang udah ditimbang, dipisahkan dari yang belum ditimbang.. Di tempat penimbangan keju ini, disediakan pula untuk foto2 buat yang narsis seperti aku ini hehe.. Pura-puranya ditimbanglah badan kita. Bayarnya cuman 2 EURO , terus kita akan dikasih sertifitat berat badan hehe.. Aku bilang "pura-pura", karena emang ditimbangnya itu boongan..

Di sinilah kejunya ditimbang dulu sebelum ke pasaran


Yang pake baju biru adalah turis yang pengen nyobain mikul keju

Nah diantara pemindahan keju2 itu, dijual juga souvenir2 khas Alkmaar oleh gadis Holland yang cantik2.. Harganya lumayanlah nggak terlalu mahal.. sekitar 10 Euro an, yang isinya pisau keju dengan keju atau cangkir dengan keju.. pokoknya milih sesuai selera deh..

Noni londo ini membawa potongan keju untuk dicicipi penonton sambil
menjual souvenir khas Alkmaar

Jrengg... seperti biasa, numpang lewat sejenak..

Tepat disamping penimbangan keju itu, ada sebuah toko souvenir dan diatasnya museum kaas (museum keju. Lumayan lengkap juga tuh tokonya dan museumnya juga oke juga. Seperti biasa, aku beli souvenir khas Alkmaar ini. Terus akupun lanjut ke atas, ke musium keju. Tiket masuknya juga ternyata murah banget , cuma 3,5 EURO deh kl nggak salah..

Hiasan di atas museum keju..
Kaas Museum( Musium Keju)


Pasar keju yang telah bubar dan berganti menjadi cafe buat nongkrong..
Gambar ini diambil dari jendela museum keju

Pintu masuk ke museum keju
Di dalam musium, kita bisa melihat, bagaimana cara pembuatan keju, alat-alat yang digunakan dan pengangkutan keju ke pasaran. Pun yang pasti, sejarah berdirinya museum keju ini.

Salah 1 lukisan di dalam museum keju

Salah 1 sudut di dalam museum keju



Tulisan tentang sejarah museum keju

Selesai mengitari museum keju ini, aku langsung nyari tempat buat naek boat.. Biasalah, aku pengen tau kota Alkmaar ini dengan waktu yang cepat.. Tiket masuknya 10 EURO deh kalau nggak salah.. Sepanjang jalan di boat, aku jeprat jepret terus.. Emang kerenss ya ternyata kota Alkmaar ini.. Enaknya sih nginep semalam di sini supaya puas hehe..

Bagus kan pemandangan di belakangku?

Aku paling suka motret jembatan hehe...

Setelah selesai waktu boat ini, aku pun bergegas pulang.. Weleh ternyata aku nyasar  pulangnya.. Biasa, aku eksperimen melewati jalan yang lain daripada jalan datang. Berulang kali aku melihat jam tanganku.. Jangan sampai aku keduluan dateng sama anakku yang pulang sekolah ...
Akupun segera bergegas pulang menuju halte bis terdekat untuk menuju stasiun Alkmaar.. Alhamdulillah aku sampai di rumah sebelum si kecil datang.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar