Selasa, 24 Desember 2013

Panggung Sandiwara


Dunia ini..panggung sandiwara
Ceritanya mudah berubah
Kisah Mahabrata atau tragedi dari Yunani
Setiap kita dapat satu peranan
Yang harus kita mainkan
Ada peran wajar dan juga peran berpura-pura..
dst...

Mungkin itu salah satu lirik lagu yang pas saat menggambarkan perilaku manusia.. Demikian halnya yang kualami.. Terus terang sejak di Amsterdam inilah aku mengenal banyak karakter manusia yang lebih banyak secara mendetail. Dulu saat aku aktif di kantor, boro2 yang namanya ngerumpi.. Yang ada cuman diskusi tentang kerjaan dan curhat-curhatan hehe.. Tapi disini? Dari A sd Z ada semua.. Yang benar-benar tulus berteman ada, yang cuma pura2 baik ada, yang suka ngomongin di belakang ada, yang senang memuji dirinya sendiri ada, yang hanya diam seribu basa ada, yang senang mengkritik temannya sendiri ada, bahkan saling menghujat sesama sahabat juga ada.. Pokoknya banyak lagi deh.. Aku nggak tau termasuk yang mana hehe.. Yang jelas, saat kumenceritakan si A atau si B, itu karena curhatanku, yang ada sangkut pautnya dengan aku.. 
Maka tak heran, aku sering ganti suasana.. Bila aku bertemu dengan teman yang menyenangkan, aku tertawa lepas..Dan bila ada Dorna (tokoh pewayangan yang suka mengadu domba) nyampein tentang buruknya tingkahku, menurut kacamata temanku yang lain, bikin aku bete..bete banget.. Apa susahnya sih ngomongin langsung aku? Kan biar aku juga bisa introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik baik.. Aku juga sangat menyadari, bahwa aku bukanlah manusia yang sempurna.. Di lain waktu lagi, aku sedih dan menangis, bila aku ingat mamah almarhum, kangen papapku, saudara2ku, sahabat-sahabatku di Indo dll hiks hiks.. Aku kangen nasehat mereka, sharing mereka , ketulusan kasih mereka dll..Kalau udah gitu, suamikulah yang jadi tempat aku curhat dan jadi tong sampah uneg-uneg ku hihii..

Di sini, aku bingung harus curhat sama siapa..kecuali sama Allah dan suamiku.. karena semua curhatku, apalagi tentang komplainku terhadap seorang kawan, pasti nyampai di telinganya.. Duuuuhh.. Ternyata Dorna ada dimana2 ya.. Sebenarnya nggak masalah sih kalau ceritaku yang baik2 tentang salah seorang kawan yang disampein,,, tapi masalahnya kadang yang jelekpun disampein.. Pasti ada rasa sebel dan benci kan kalau ada yang ngomongin kita..
Makanya jangan heran, aku sekarang lebih kalem, nggak banyak omong dll..ceile.. Padahal sebenarnya aku orangnya cerewet loh hehe.. Tapi payah ah.. Ternyata ada beberapa temen yang melihat keceplas ceplosanku itu dipandang dari sudut yang kurang bijaksana.. 
Suamiku bilang sih.."Araneh pisan nya ".. Untungnya suamiku orangnya bijaksana ceile.. Jadi walaupun isterinya cerita sambil penuh emosi, baik emosi sedih (sampai nangis) ataupun sambil menggerutu (saking kesel) .., eh dia mah kalem we.. Dan tak pernah terpancing..Nah ntar kalau aku udah kenyang nangisnya atau marahnya atau keselnya dll.., baru dia ngasih wejangan layaknya Pak Ustadz... Adem lagi deh daku.. 
Aku kenal teman2 disini emang sejak di Amsterdam aja, tapi walaupun begitu aku pengen cari saudara juga.. Banyak koq aku punya temen tapi seperti kaya saudara.. Tapi ternyata tak semua teman punya pemikiran yang sama. Ada yang cuma nganggapaku kenalan, teman dll..
Tau ah gelap..
Mending nyanyi lagi aja ah.. 
"Dunia ini..panggung sandiwara 
Ceritanya mudah berubah
Kisah Mahabrata atau tragedi dari Yunani
Setiap kita dapat satu peranan
Yang harus kita mainkan
Ada peran wajar dan juga peran berpura-pura..
dst... "


Amstelveen, 21 Desember 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar