Selasa, 24 Desember 2013

Kalau Hati Tidak Konsen

Hari ini aku dan teman-temanku akan menghadiri acara peringatan HUT DWP KBRI Denhaag dan Hari Ibu . Acaranya mulai jam 12.15 pm. Dan sesuai kesepakatan akan di jemput jam 11.00 am. Sebagai ibu yang baik, sebelum kutinggalkan kedua buah hatiku di rumah (ceile..). Ceritanya aku masak dulu buat mereka. Aku bikin masakan yang simpel aja.. Telur ceplok, dadar telur dan oseng sayuran pake ayam dan telur.  Tak lupa kusiapkan nasinya juga.. Untuk snack, kebetulan aku udah bikin " samosa" malam sebelumnya.
Seperti biasa, kusiapkan semua bahan-bahan yang akan aku pakai. Emang tak seperti biasanya bila kumemasak. Biasanya kalau aku masak, aku siapkan semua bahan pakai mangkok kecil dan dijejerkan. Ini tidak. Aku maen spontan saja.
Jreeng.. Aku masak masakan pertama, kubumbui telur dadar dengan garam. Terus aku kocok. Agar menghemat minyak, kulalakukan menceplok telur dulu, baru dadar telur. Kuambil telur dan kubikin telur ceplok. Kuangkat, dan jadi deh. Terus aku mau bikin telur ceplok kedua. Saat aku mau memasukkan garam, aku baru tersadar.., rupanya yang kupakai tadi bukanlah garam, tapi gula hahaa..Masakan pertama dan kedua yg kubumbuin bukanlah garam, tapi gula .. Hadeuhh.. Pantesan hasilnya koq ada hitam2nya.. Bener2 error deh aku.. Lalu aku masukkan deh gula pasir tadi ke rak bumbu.. Dan aku ganti dengan garam. Lalu kutambahkan garam ke bahan telur dadar tadi. Kugoreng telur tadi. Jadi lagi deh. . Jadi telur ceplok kedua selamat, karena pake garam, bukan gula lagi.
Terus aku memasak selanjutnya. Aku bikin urak arik sayur pake daging cincang dan telur. Biar cepat, aku bikin dengan bumbu jadi yang kubuat semalam. Kumasukkan minyak, bawang putih masak, trs bihun yang telah kurebus. Baru kumasukkan sayuran.. Ealahhh salah lagi, harusnya aku masukkin dulu sayuran, baru mihun.. Tapi tanggung juga kan harus dibagaimanain? Akhirnya ku aduk2 terus aja sayuran itu sampai matang.., dan tak kusadari, ternyata mihunnya jadi kering kegosongan hihii.. Ada2 aja..  
Bener2 kacau deh ya hari ini kumemasak.. Benar orang bilang, masak itu harus dengan hati, supaya masakannya enak.. Dan alhamdulillah selama ini suami dan anak-anak selalu memuji masakanku (ceilee...).. Tapi khusus hari ini, berhubung hatiku emang nggak konsen, masakanku nggak karuan haha... Tapi nggak sia-sia kok pengorbananku ini, karena groupku dapat juara 2 pas di KBRI tadi siang (menghibur.com).. Alhamdulillah...

Amstelveen, 23 Desember 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar