Rabu, 29 Januari 2014

Hobby baruku : Motret !!!

Tak pernah terlintas dibenakku bahwa aku sekarang mempunyai hobby motret.. Masih teringat di benakku , dulu suamiku sangat berharap aku bisa menemainya untuk mencari obyek2 foto yang bagus.. Aku malah sering mentertawakan hobbynya.. Aku cuman heran, koq bisa ya punya hobby kaya gitu? Kupu2 di fotoin, bunga-bunga difotoin dll.. Dulu aku hanya jadi model suamiku bila motret..
Ternyata tak ku sadari, pelan tapi pasti, sejak di Belanda ini aku senang motret..Awalnya, saat itu aku baru datang ke Amsterdam..  Sepanjang perjalananan menuju Hotel Novotel Schiphol, aku benar-benar takjub sama pemandangan di kiri kanan bis yang kunaikin.. Parno kali ya.. Biasa liat jakarta yang kumuh dan macet, disini adem , dan tentram..jalanan2an seperti tak ada kendaraan yang jalan hehe.. Subhanalloh.. Pokoknya indah sekali pemandangannya.. Akupun jeprat-jepret terus dengan kamera baruku yang baru dibeli dari Schiphol.. Saat itu aku masih asal jepret , belum tau secara mendetail cara memotret.. Komposisinya pun asal-asalan . Belum tau banyak tentang seluk beluk fotografi.
Waktupun berjalan .. Tak terasa, kamera kecil itu selalu menemaniku kemanapun pergi.. Dan rupanya, itulah awalnya aku suka motret.. Rasanya hampa bila tak bawa kamera..ceile.. Setiap hari, kamera kecilku itu menemaniku kemanapun pergi..
Terus entah bagaimana ceritanya, suatu hari aku bertanya dengan semangat 45 ke suamiku cara memakai kamera profesionalnya.. Kebetulan suami emang fotografer amatir.. Dia banyak tau tentang fotografi.. Dari situlah aku mulai belajar serius tentang fotografi.. Aku ikut kursus fotografi, aku belajar otodidak dari internet maupun bertanya pada teman-temanku yang sudah profesional dll.. 
Dan kini, fotografi udah jadi hobbyku.. Sehari tak motret, rasanya ada sesuatu yang hilang.. Hasil masakanpun ku potret juga.. sampai aku punya blog ini.. Malahan yang heboh adalah kalau motret masakan. Aku sering curi-curi waktu untuk motret hasil masakanku.. Nah ntar 2 krucilku berteriak minta segera disajikan hehe..
O ya, ada lagi cerita seru lagi. Pernah suatu kali, aku lupa tanggalnya, aku bete banget tanpa sebab.. Rasanya pengen marah-marah aja.. Sebenarnya saat itu aku emang ada suatu ganjalan, tapi aku tak bisa bercerita pada siapapun.. Yang pasti hari itu hari Sabtu. Mukaku kecut, kepala pusing dll.. Akupun segera minta ijin suami untuk keluar.. Aku ijin untuk motret karena aku sedang bete.. Kutinggalkan rumahku yang masih berantakan.. Pikiranku harus diobati dulu, pikirku..Anakku yang besar ku ajak.. Sepanjang perjalanan motret, aku bercerita banyak pada anakku sambil memotret.. Segala kuceritakan (aku lupa juga sih cerita nya apa ya hehe .. soalnya sudah lamaaa sekali, lebih dari 2 tahum lalu..)..
Ku potret pohon-pohon, burung-burung, bunga-bunga , rumah-rumah dll.. Pokoknya kalau ada obyek yang menarik, pasti aku potret.. Dan ajib bener deh.. Alhamdulillah setelah aku jalan-jalan dan motret itu, pikiranku terasa terang benderang. Akupun bisa tersenyum dan tertawa lagi.. Dateng ke rumah, udah mulai tertawa cekikikan lagi.. Rasanya beban yang ada di kepalaku ilang tak berbekas..Kujalani lah aktifitas harianku kembali. Beres-beres, masak, nyuci dll... Alhamdulillah..
Kini baru kutau, kenapa suamiku menyukai fotografi.. Rupanya fotografi adalah salah satu bentuk ekspresi  jiwa dan hasil dari ekspresi itu, mengandung seni yang sangat banyak.. Ada kepuasan tersendiri saat melihat hasil jepretan.
Alhamdulillah sekarang aku sudah bisa meluapkan emosiku lewat salah satu hobby ku, yaitu motret..

Foto ini aku ambil di Denhaag , saat ada undangan makan

The end of autum 2013..Subhanalloh

Aku paling suka dengan pemandangan seperti ini..

Walaupun telat menjepret pohon berdaun kuning  itu, lumayanlah masih
kebagian warna kuningnya dikit hehe.. Alhamdulillah ..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar