Selasa, 28 Januari 2014

Cerita Seru di Hari Selasa

Kejadian ini terjadi sepulang dari jalan2 di kota Leiden, Selasa 21 Januari 2013. Sesampai di Schiphol Amsterdam, aku langsung naik bis 300 jurusan Schiphol - Amsterdam. Seperti biasa, aku turun di Oudekerkerlan. Saat itu aku sudah menekan tombol "stop" untuk berhenti di Oudekerkerlan. Saat aku mau turun, ternyata aku keduluan sama orang yang mau masuk bis. Saat aku mau turun, pintu bis telah tertutup. Aku berteriak ke Pak Supir.. " Stop Meneer, i nog niet over stop".. Entahlah karena suaraku yang kecil atau supirnya yang emang nggak mendengar, akhirnya bus itu terus jalan. Saat itu aku memang duduk di bangku paling belakang juga sih.. Langsung ku tekan tombol "Stop" kembali untuk turun di halte selanjutnya yaitu halte Langerhuize. Barulah di halte itu aku bisa berhenti.. Terus aku menyebrang ke halte sebaliknya untuk kembali ke halte Ouderkerkerlaan.
Tak lama kemudian, datanglah Bis 300 yang ke arah Schiphol. Terus aku men "scan" kartu OVChipkaartku..  OV Chipkaart adalah kartu angkutan publik untuk di dalam kota Belanda. Biasanya untuk metro, tram dan bis... Jadi kita tidak repot membeli karcis kemanapun pergi.. Ealah ternyata saldo OVChipkaart ku abis.. Hiks hiks.. Aku rugi besar dong kalau gini.. Biasanya kalau kartu OV Chipkaart masih bersaldo, tarifnya akan lebih murah  dan akan ada tulisan "Overstap". Biasanya , kalau perjalanan terakhir ke awal perjalanan selanjutnya kurang dari 1 jam, tarifnya sangat murah, karena seolah-olah meneruskan perjalanan sebelumnya.. Sebaliknya walaupun cuman 1 halte, kalau itu awal "men scan", akan dikenakan biaya minimum bis yang berlaku.. Lumayanlah bisa sampe 1 EURO lebih ..
"Upss sorry Meneer.. I dont know if my OVChipkaart over" ujarku minta maaf.
Akupun bertanya pada supir.. " Berapa Meneer yang harus kubayar?"
" Kau mau kemana?" tanya pak supir.
" Aku mau ke Oudekerkerlan, 1 halte dari sini.." jawabku
" 5 EURO" jawabnya
" What? 5 EURO?? Oh no meneer .. I want get out from this bus.." kataku spontan..
" Why? " tanya si supir
" Because very expensive.. I can walking to there" jawabku.
" Walking?" tanyanya heran " That is so far " lanjutnya..
( Dalam hati aku bergumam, dia nggak tau aja kali ya kalau aku tuh seneng jalan-jalan .. kota Leiden pun baru ku kelilingi hehe).

" Ya, i will walking to there, because very expensive" sahutku..
Si meneer kasian kali ya liat wajahku.. Mana bawaanku juga banyak lagi.. (isinya padahal kamera sama pernak pernik wanita)
" Please meneer open the door.. I will go out from this bus.  I can walking to there." ujarku lagi.
Si Meneer cuman memandangku dan tersenyum..
" No, you dont walking. Its so far.. Ok.. I give you free..but just today" katanya..
" Free??" ujarku heran
"Ya, free.." jawabnya
" Really?? are you sure Meneer? " binarku
" Ya, of course, but just today.. " sahutnya kembali
" Ok ok meneer,.. Thank you very much.."kataku..
" Why you over 1 stop? " tanyanya ramah..
Lalu akupun bercerita apa adanya..
" I am back from Schiphol.. I want stop in Oudekerkerlan. But when i will go outside, 2 people from outside will go into the bus and the door bus closed and i excess 1 stop" sahutku.
" Why you dont push them?" candanya sambil memeragakan apa yang di ucapkannya.. Kedua tangannya di tekuk sambil menonjolkan sikunya..
" Haha.. i dont remember it" ujarku asal..
Dia pun tertawa mendengar jawabanku.. Kami berdua pun tertawa bersama.. Penumpang lain pada bingung kali ya.. Awalnya saling tegang, belakangan malah saling cekikikan..
Tak terasa, halte yang kutuju pun udah sampai. Segera kami akhiri pembicaraan kami dan tak lupa aku pun mengucapkan terima kasih kembali padanya..
Oh supir yang baik.. Wajahmu seram, tapi hatimu lembut.. Semoga Tuhan melindungimu ya.. Aamiin Yaa Robbal Alamiin..
Mudah-mudahan lain kali aku harus bersiap siap dulu kalau mau turun di suatu halte, biar tidak ketinggalan stop nya hehe.. Pengalaman yang sangat menyenangkan tapi memalukan hehe..

Disinilah aku naek kembali bis 300 yang ke arah Scihphol..
Untungnya pemandangannya bagus, jadi hatiku terhibur ..


Itulah ceritaku saat itu..
Aku memang senang berpetualang.. Menjelajah kota2 kecil di Belanda..
Menikmati semua keindahan alam Belanda..

Semoga suatu saat aku bisamenikmati kembali alam disana..
Aamiin Yaa Robbal Alamiin..


Cibinong, 27 Juni 2022  pukul 20 :02




Tidak ada komentar:

Posting Komentar