Senin, 23 Desember 2013

Pengalaman Pertama Di Denda Di Tram

Seperti janjiku pada anak2, akhirnya aku menjemput mereka ke sekolah jam 19.45. Sementara kami janjian jam 20.00. Kebetulan di sekolah mereka ada acara “ Jaarfeest/ Pesta Tahunan” . Mulai jam 05 sore sampe jam 8 malem..Aku berani keluar jam segitu karena emang masih terang benderang (maklumlah udah musim summer)… Karena waktunya udah mepet banget, akhirnya aku naek tram aja deh.. Maksudku biar cepet sampai ke sekolah… Biasanya sih aku naek sepeda aja ke sekolah mereka.. Tapi hari itu, Jum’at, 15 Juli 2011 badanku bener bener capek.. Seharian aku jalan untuk belanja ( mencari keperluan u acara barbeque esok harinya).. Sebenarnya aku minta tolong suamiku untuk menjemput mereka.. Cuman karena banyak kerjaan di kantor dan kebetulan harus menemani tamu, ya sudah lah, aku jadinya yang menjemput mereka..Biar cepat dan tepat nyampe sekolahnya, akhirnya aku naik sepeda, tapi juga naek tram.. Tram adalah sebutan kereta pendek di Amsterdam..So, separo naik ,separo naik tram deh..
Baru aja aku nyampe ke halte tram Brink, halte tram terdekat rumahku, Alhamdulillah tram keburu datang.. Karena buru-buru, aku nggak sempet nyetrek OV Chipkaart . OV Chipkaart adalah kartu langganan naek tram/bis bila kita bepergian di Amsterdam.. “ Ah sebentar ini kok”, pikirku dalam hati.. Aku emang kadang suka iseng juga sih.. Kalau cuman 2 atau 3 stasiun yang dilewatin, aku nggak nyetrek.. Sebenarnya aku udah denger sih kabar kabari denda menyeramkan bila kena sidak. Tapi asli kemaren aku tuh punya beberapa alasan kenapa nggak nyetrek..Setelah kubuka pintu tram, aku masuk tram.. dan aku berdiri tepat disamping para bule yang pada bediri di pintu.. Saat itu aku belum ngeh siapa mereka.. Karena disini tiap orang kalau ketemu itu pasti saling menyapa.. Dan kadang mereka juga bergerombol ria..Kupikir, oh mereka penumpang. Baru aja aku nyetandarin sepeda, tak lama kemudian, seorang dari mereka bertanya padaku..

 “ Where is your OV Chipkaart?” tanyanya ramah..

Alamak.. ternyata bule2 itu adalah petugas tram…

Kurogoh tasku dan kucari chipkaartku..Kukasihin OV Chipkaartku.. Lalu merekapun pasang scanner kartunya..

“Mampus aku” pikirku.. ” Ya Allah, lindungilah aku.. Aku nggak bisa membayangkan gimana pucatnya wajahku saat itu.. Aku pasti kena denda nih.. Wong aku yakin kok tadi aku nggak nyetrek..

“ Please your ID Card”..,pintanya lagi

Waduh .. Ya Allah tolonglah aku..
Akhirnya kukasihin SIM NL ku..(berhubung KTP NL ku sedang diperpanjang)

“ Anda tidak nyetrek ya” katanya..

“ Iya, Meneer.. Soalnya tadi aku buru2, so nggak sempet nyetrek..”, bela ku..

“ Iya , kami ngerti, tapi ini aturan.. Semua orang yang nggak nyetrek, akan kena denda.. Ditambah, anda menaro sepeda tidak pada tempatnya..’..

Ya aku akui, aku naro sepeda tidak pada gerbong yang ada tanda buat sepedanya.. Jadi ada dua kesalahan yang aku perbuat saat itu..

“ Baik Menerr, next time saya akan naro pada tempatnya” bela ku lagi..

“Please dong Meneer, aku cuman mau ke Meent koq”.. Aku asal sebut aja halte terdekat dari halte tempatku naek.. Disini jarak per halte emang paling jauh 1 km.. deket banget lah..

Eh dasar tuh Menerr, mana mau tau dia..

“ Anda kena denda 37,60 EURO..”, kata dia

“ Whattsss Menerr???? “ teriakku.. “Please Meneer kasih aku keringanan dong… Aku nggak punya uang sebanyak gitu..”
 Si Mener menatap tak percaya padaku.. Mungkin pikirnya..Gimana aku nggak punya uang segitu secara aku pake sepeda yang masih baru dan bermerk OK pula? Mata Meneer yang udah terlatih dan tak bisa ketipu..

“ Sepeda anda bagus.. nggak mungkin anda ngga punya  uang segitu?? Anda nggak perlu bayar cash sekarang koq.. Anda bisa transfer ke rek yang ada di surat ini,.. ( dia sambil nunjukin belakang surat denda itu.. Disitu jelas banget disebutin bila kita mau bayar cash atau transfer..)”

Tuh Mener emang ya… Nggak ada belas kasihannya sama sekali padaku..Sambil nanya ini itu, dia nulis mulu buat dendaku.. Rasanya saat itu aku pengen nangis.. Di sini, aku emang jarang megang uang cash.. Lebih praktis pake kartu debit..

Bukan masalah uangnya, tapi masalah hukumnya… Disini kita nggak bisa maen-maen dengan hukum.. Itu denda bila diabaikan, urusannya bisa ribet.. Penjara imbalannya… Hiihh.. Serem deh..  Udah gitu, nggak bisa salam tempel lagi he he.. Emangnya di kita? Salam tempel  sebentar, kelar deh semua urusan..Salam tempel yang udah jadi kebiasaan he he..

“Meneer, please dong,.. Aku turun di Sportland.. Anakku pasti udah nungguin aku..”kataku gelisah..

Eh itu menerr pura2 nggak denger lagi.. Dia terusin aja tuh nulis dendaku…

“Iya sebentar lagi..”katanya

Tak terasa 1 halte pun terlewati… Sampe akhirnya aku diturunin di halte Amstelveen Centrum, 2 halte dari sekolah anakku.. Setelah itu dia mengucapkan terima kasih padaku…yang sebenarnya aku sebel dan gondok banget tuh sama si Meneer ha ha.. Seharusnya aku cuman merogoh 1,5 EURO, ini harus bayar 37,60 EURO!!!! Lumayan kan buat beli keperluan di dapurr???

Akhirnya aku naik tram balik lagi deh..

Sepanjang perjalanan menuju sekolah anak anak,aku hanya merenung.., betapa ditegakkannnya aturan di sini..  Andaikan negara kita memiliki petugas yang bersih dan aturan yang ditegakkan, maka dijamin tak akan ada orang yang bisa mempermainkan hukum dengan uang atau kekuasaan yang kita miliki.. Betapa disiplinnya itu Meneer, tak bergeming sedikitpun dengan wajah memelasku.. Dia terus mengintrogasi aku…..Emang di kita??  dikasih kedipan mata atau peran wajah memelas aja, langsung luluh tuh petugas ha ha...

Aku bener2 dibikin kapok deh dengan peristiwa ini.. Akhirnya aku ngalamin juga deh “ Verhoogd Tarief” . Suatu kata yang paling dihindari oleh semua penduduk di Amsterdam..

Pelajaran yang sangat berkesan dan berharga buatku, walaupun aku dibikin malu, mati kutu, dll… Berbagai perasaan campur aduk di hati ini..  Insya allah aku nggak akan iseng lagi Meneer.. I promise,tekadku dalam hati..





Amsterdam, 17 Juli 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar